Visi, Misi, Tujuan, Sasaran dan Strategi

Visi

Visi Program Studi Pendidikan Fisika pada tahun 2020, menjadi Program Studi Pendidikan Fisika yang terkemuka tingkat nasional yang Islami, unggul, serta memiliki kecerdasan spiritual, intelektual, emosional, dan sosial dalam bidang pendidikan dan pembelajaran fisika.


Misi

(a)
Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran untuk menghasilkan guru fisika yang memenuhi kompetensi pedagogik, profesional, sosial dan memiliki
 
kepribadian yang Islami.
(b)
Mengembangkan penelitian tentang pendidikan fisika dan keilmuan fisika.
(c)
Menyelenggarakan pengabdian kepada masyarakat dalam bidang pendidikan, khususnya pendidikan fisika.
(d)
Membangun sarjana muslim yang berkompeten dalam bidang pendidikan fisika.
(e)
Mengembangkan kebebasan berpikir ilmiah melalui seminar dan berbagai diskusi dalam bidang fisika.


Tujuan

(a)
Menghasilkan sarjana pendidikan fisika (calon guru) muslim yang takwa, memiliki keunggulan spiritual, intelektual, emosional, dan sosial.
(b)
Menghasilkan sarjana pendidikan fisika yang memiliki kompetensi dalam ilmu pendidikan fisika.
(c)
Menghasilkan sarjana pendidikan fisika yang memiliki keterampilan membuat dan melaksanakan desain, strategi, metode, model-model pembelajaran, dan evaluasi
 
pembelajaran fisika.
(d)
Mengembangkan dan menerapkan kompetensi lain, selain sebagai guru fisika, di antaranya sebagai peneliti di bidang fisika.
(e)
Mengembangkan pengetahuan tentang kepribadian dan intelektual Muhammadiyah.
(f)
Mengembangkan dan menjadikan matan keyakinan dan cita-cita hidup Muhammdiyah dan pedoman hidup islami warga Muhammadiyah sebagi acuan sikap dan
 
perilaku.


Sasaran dan Strategi

(a)
Bidang Pendidikan
 
1. Pemutakhiran kurikulum
 
2. Peningkatan mutu lulusan secara konsisten
 
3. Peningkatan kualitas dosen
 
4. Peningkatan kompetensi penunjang bagi mahasiswa
 
5. Sarana dan prasarana
(b)
Bidang Penelitian dan Pengembangan
 
1. Penyelenggaraan penelitian
 
2. Peningkatan publikasi karya ilmiah
(c)
Bidang Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat
 
1. Peningkatan kuantitas penyelenggaraan kegiatan pengabdian masyarakat program studi
 
2. Peningkatan kualitas penyelenggaraan kegiatan pengabdian masyarakat program studi
 
3. Melibatkan mahasiswa dalam kegiatan pengabdian masyarakat
(d)
Bidang Pembinaan Al Islam dan Kemuhammadiyahan
 
1. Penguasaan mahasiswa terhadap materi Al Islam dan Kemuhammadiyahan
 
2. Peningkatan kualitas pembelajaran dosen berdasarkan terintegrasinya materi Al Islam dalam konten materi perkuliahan



Akreditasi

Akreditasi Program Studi Pendidikan Fisika UHAMKA adalah B (sesuai dengan surat keputusan nomor: 396/SK/BAN-PT/Akred/S/X/2014).



Kerja Sama

Dalam mewujudkan Catur Dharma Perguruan Tinggi, Program Studi Pendidikan Fisika UHAMKA juga menjalin kerjasama dengan beberapa pihak, baik antar sesama universitas, lembaga riset, himpunan profesi, sekolah, dan instansi lain. Kerjasama-kerjasama tersebut diantaranya adalah dengan:

(1)
Himpunan Fisika Indonesia (HFI)
(2)
Pusat Diseminasi dan Kemitraan, Badan Tenaga Nuklir Nasional (BATAN)
(3)
Program Studi Pendidikan Fisika, Universitas Ahmad Dahlan, Yogyakarta

(4)
Departemen Fisika, Institut Pertanian Bogor

(5)
Pusat Penelitian Elektronika dan Telekomunikasi, Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI)